• Vivin Farianti, Amd.Keb (Kordinator KIA Puskesmas Guluk Guluk)
  • Tanggal Diubah : 12 Juni 2020
    Status Registrasi : Sudah Registrasi

SAMPER BUMILA (Bersama Perhatikan Ibu Hamil Dan Melahirkan)

Deskripsi

Masalah utama kesehatan untuk Laporan Kematian Ibu (LKI) di kecamatan guluk – guluk  sendiri tahun 2016 masih tinggi yaitu sebanyak 3 orang, AKB sebanyak 5 bayi, tahun 2017 AKI tidak ada, AKB ada peningkatan dari tahun sebelumnya sebanyak 9 bayi, dan di tahun 2018 AKI tidak ada, sedangkan AKB sebanyak 2 bayi.

Untuk persalinan dukun di wilayah kecamatan guluk-guluk masih tinggi yaitu tahun 2016 sebanyak 39 ibu bersalin, 2017 sebanyak 32 ibu bersalin, dan di 2018 sebanyak 19 ibu bersalin ke dukun.

untuk menyelesaikan masalah tersebut dengan inovasi “SAMPER BUMILA” (BERSAMA PERHATIKAN IBU HAMIL DAN MELAHIRKAN)

Inisiator program inovatif ini adalah dari koodinator KIA-KB, dengan strategi Identifikasi masalah dan penyebab, mencari alternative solusi, mencari peluang-peluang pengembangan inovasi, penganggaran program kegiatan serta pelaksanaan.

Tujuan program ini yaitu Menurunkan kasus angka kematian ibu dan bayi di Kecamatan Guluk Guluk dengan sasaran ibu hamil. Aspek kreatif dan inovatif dari program ini yaitu metode menggunakan pemeriksaan kehamilan dan penyuluhan tentang kehamilan dan persalinan pada ibu hamil.

Pemangku kepentingan yang terlibat dan berkontribusi yaitu Kepala dinas kesehatan Kabupaten Sumenep, kepala Puskesmas Guluk Guluk, Kasubag TU, Wakil Manajemen Mutu Puskesmas, PJ Upaya Kesehatan Perorangan, PJ Upaya Kesehatan Masyarakat, dan PJ Jaringan dan Jaringan Puskesmas Guluk Guluk. Sebagai lintas sektor yang berkontribusi yaitu Camat, Kepala Desa dan perangkatnya serta bidan desa dan kader kesehatan yang ada di desa tersebut.

Output dari program inovasi ini yaitu meningkatnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang faktor-faktor yang terkait dengan kehamilan mulai dari trimester I, trimester II,trimester III, sampai persalinan, meningkatnya pengetahuan ibu hamil dan keluarga tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan secara rutin ke pelayanan kesehatan, terdeteksinya secara dini masalah (kasus) kehamilan pada ibu hamil.

Pembelajaran yang bisa diambil dibutuhkan kesungguhan dalam pelaksanaan, rekomendasi adalah terus menerus memantau perkembangan kesehatan ibu hamil dan melahirkan  dengan mengkomunikasikan segala hasil pemeriksaan sehingga lebih maksimal dalam pelaksanaan program atau inovasi ini.

Video

Materi

MAKALAH_INOVASI_SAMPER_BUMILA.pdf
KAK_SAMPER_BUMILA.pdf
6._SK__INOVASI_DINKES.pdf
7._SK_Inovasi_Bersama_Ka__Mugi.pdf

Comment

Leave a comment